Sabtu, 17 Desember 2011

Sinusitis vs Obat Tradisional

Istri saya sinusitis tapi belum ketahuan akibat alergi atau apa.Obat tradisionalnnya apa ya? Saya ingin tradisional supaya efek sampingnya aman.

 Jawaban :

Dear Pak Robert,

sinusitis adalah radang pada rongga sinus yaitu ruangan udara yang ada di antara tulang hidung, pipi dan tulang alis mata. Rongga tersebut berfungsi menghasilkan mukus, yaitu lendir yang kita kenal dengan kata "ingus". Saat pilek karena sakit ataupun alergi, kita biasanya refleks mengeluarkan ingus untuk mengosongkan rongga tersebut.

Jika sinusitis yang dialami istri Anda tergolong ringan sebetulnya bisa disembuhkan dengan penggunaan antibiotik, dan ini harus dengan resep dokter. Namun jika tergolong berat, biasanya dokter akan menyarankan untuk dioperasi. Sinusitis sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena jika berkembang bisa menjadi parah dan menimbulkan gangguan-gangguan seperti sakit kepala,  gangguan saluran napas, dan pastinya mengganggu aktifitas sehari-hari.

Sayangnya tidak ada obat tradisional yang spesifik untuk mengobati sinusitis. Ada tanaman-tanaman obat yang memiliki khasiat sebagai antiradang seperti sambiloto dan pegagan, tetapi komposisi pastinya pun tidak bisa dibuktikan secara klinis, dan jika sedang menjalani pengobatan dari dokter sebaiknya tidak menggunakan obat tradisional karena bisa mempengaruhi pengobatan (dan tentunya menambah obat artinya sama saja dengan menambah racun).

Untuk penggunaan obat tradisional ini, sebetulnya paham bahwa obat tradisional pasti aman agak keliru, karena justru dalam tanaman obat, kadar bahan aktif yang terkandung bervariasi (tidak tetap dan tidak terstandarisasi), begitu pula jumlah kandungan bahan aktifnya sangatlah bervariasi. Artinya kemungkinan besar tidak semua bahan aktif yang terkandung dalam tanaman tersebut memberi efek baik bagi tubuh. Ingat bahwa semua bahan aktif pada dasarnya adalah zat kimia, baik itu terdapat dalam obat sintesis ataupun dalam tanaman obat. Dalam obat sintesis, tingkat keamanan lebih terjamin karena dosisnya tepat dan jumlahnya pun pasti. Jadi jika Anda ingin menggunakan obat tradisional, konsultasikan dahulu ke dokter. Atau jika ingin pengobatan tradisional yang aman, Anda bisa mengunjungi dokter naturopathy. Dokter naturopathy adalah dokter medis yang mempelajari pengobatan dengan tanaman obat melalui jalur akademis (sekolah medis), sehingga tingkat keamanannya bisa dipertanggungjawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar